Untuk kesekian kalinya dan beberapa kalinya Indonesia harus berduka karena kecelakaan pesawat. Pesawat yang jatuh namanya SUKHOI. Pesawat buatan Rusia itu jatuh menabrak tebing dengan ketinggian 250 meter setelah lepas landas dari bandara Halim Perdana Kusuma. Belum jelas apa penyebab utama jatuhnya pesawat. Menurut informasi yang saya dengar beberapa stasiun televisi, beberapa saat sebelum itu jatuh, pesawat naas tersebut menurunkan ketinggian pesawatnya dari 10000 kaki ke 6000 kaki. Ini yang menjadi masalah dan pertanyaan besar. Kenapa pesawat SUKHOI menurunkan ketinggian terbang? Ada apa gerangan? Yang ironis, Informasi yang didapat ternyata pesawat Sukhoi sedang dalam Uji Coba Terbang. Bahkan pertama kalinya. Menurut saya uji coba kalau bisa jangan pake manusia. He he he. Berita tarakhir Rusia menyebutkan : Pemerintah Rusia mengatakan, pesawat Sukhoi Superjet-100 yang jatuh di lereng Gunung Salak, Jawa Barat, dalam kondisi baik. Menurut mereka, kecelakaan itu kemungkinan besar diakibatkan oleh faktor manusia.
Presiden Susilo Bambang Yudoyono atau biasa dipanggail SBY ( sudah tahu khan ? ) menyetujui pada pernyataan Rusia yang akan membantu identifikasi kejadian kecelakaan pesawat SUKHOI di Indonesia. Bagaimana hasil identifikasi tersebut kita akan tunggu hasilnya.
Medan terjadinya kecelakaan cukup sulit sehingga membuat evakuasi menjadi tidak mudah. Tim SAR termasuk jug TNI Polri juga ikut andil untuk melakukan evakuasi para korban baik yang masih hidup atau yang sudah tidak selamat. Cuaca buruk masih menghambat tim SAR yang akan melakukan evakuasi korban Sukhoi.Hingga kini belum ditemukan adanya tanda-tanda kehidupan. Namun, harapan masih ada. “Daya tahan manusia untuk hidup sampai 4 hari.” Vivanes, Seorang Pawang Hujan juga memBantu Evakuasi Korban Sukhoi, ia adalah Seorang kakek 80 tahun mengaku dengan sukarela membantu agar hujan tak turun di lokasi evakuasi
Para keluarga korban sedang menunggu di Bandara Halim Perdana Kusuma dengan harap-harap cemas. Mereka menunggu dengan segala kemungkinan terburuk terjadi.
Terlepas dari musibah atas kecelakaan pesawat SUKHOI ini, saya ikut berduka cita. Semoga korban yang meninggal akan diberikan tempat yang layak ( sorga ) bari mereka. Dan keluarga korban akan diberikan ketabahan menerima segala cobaan dari Allah SWT.